SIDE

Jumat, 09 Desember 2011

Versi Android dan Istilah-Istilah di Dalam Android

Versi

Seperti halnya Operating System lainnya, Android pun memiliki versi-versi yang selalu mengalami penyempuranaan atau penambahan fitur. nama yang digunakan pada tiap versi mengacu pada dessert (makanan penutup) urut abjad.
1. Cupcake (versi 1.5)
2. Donut (versi 1.6)
3. Eclair (versi 2.0/2.1)
4. Froyo : Frozen Yoghurt (versi 2.2)
5. Gingerbread (versi 2.3)
6. Honeycomb (versi 3.x)
7. Ice Cream Sandwidch (versi 4.0)

Istilah-Istilah Android :
APK : Android Package, kyk IPA di iPhone (buat pngguna iPhone), SISdi Symbian s60 (ga tau sih skrg masih sis ap ngga), atau JAR di BB(buat pengguna BB) dan java based devices lainnya.. intinya, file2 dgnekstensi .apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi di androiddevice.

BRICK(ed) : kondisi dmana device sudah tidak bisa di-recover,sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick).

BSOD : Blue screen of death.

adb : command buat ngejembatani perintah di android lewat pc..klo adb shell termasuk bagiannya..extensi command adb ada banyak bro, seperti adb push, adb pull, adb install dll...syarat adb bisa jalan = driver adb mesti sdh terpasang di pc...biasanya di device manager (windows) akan terlihat andoid adb composite device, driver adb biasanya dari vendor pembuat devicenya..klo nexus, htc magic, dream bisa pakai driver bawaan usb...kalo motorola milestone bisa dari cd bawaannya atau pakai motorola software update.

adb.exe : bisa di ambil dari sdk (dah include didlm android sdk)..ada di folder tools, untuk mengetahui fungsi command adb bisa dgn mengetik "adb help"

adb shell logcat : buat mengetahui proses yg terjadi diandroid, berguna banget saat experiment flashing rom.

IMAP : Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3.

POP3 : Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email

Widget : salah satu aplikasi yang GUI nya lebih bersifat interaktif.

GUI
: Graphical User Interface , interface aplikasi yang lebih bersifat graphic

GMS : Google Market Services, tempat download nya aplikasi2 di Android (kayak apps store di iphone, appworld di BB).

nge-root : proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root.

Apps2SD : Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke memori internal.

AOSP : Android Open Source Project

Boot : Proses menghidupkan handheld.

Bootloader : gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device, Bootloader Mode - FASTBOOT load = Tombol Camera + Power, pada mode boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh di SDcard dengan menekan tombol Power lagi.

Cache2SD : Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard.

Diagnostic Mode : Tombol Capture + Power. mode boot untuk test ( pake tombol volume untuk pilih item ).

Normal Mode : cara normal menghidupkan handheld.

OTA : Over The Air, suatu metode pengiriminan data, biasanya istilah dipake pd aktifitas meng-update (istilah lainna mgkn download).

Recovery Mode : Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa membuka shell..mem-flash image..bikin Backup maupun Restore.

Teken Safe Mode : Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan Google, makana aplikasi2 yg berhubungan dengannya gk bakalan berfungsi ( Map, Gmail account, Market, dll)\

Firmware/ROM : Kumpulan semua software, system, driver dan file boot yang dibutuhkan untuk menjalankan OS android

Flash/Flashing : Metode yang dilakukan untuk upgrade ROM Firmware.

Kernel : Pengelolaan semua system driver dan sistem I / O, sehingga mereka dapat berinteraksi satu sama lain.

Multitouch : Sebuah fitur touchscreen yang memungkinkan layar dapat menangkap lebih dari satu input sentuhan.

Brick : Kondisi dimana Device android tidak dapat digunakan lagi, akibat kesalahan ketika flashing Firmware atau karena kerusakan fisik

ext2 : filesystem yang digunakan oleh Linux Kernel, itu seperti FAT, FAT32 di windows.

Beta : Sebuah versi percobaan, yang berarti INI BELUM SEMPURNA

RAM : Random Access Memory, fungsinya sama dengan RAM/Memory yang ada di komputer.

ROM : Read Only Memory, fungsinya sama dengan Hard Disk yang ada di komputer.

SDCard : fungsinya sama dengan Disk tambahan (external storage).

ROOT : superuser, kalau di Windows administrator

FLASH : suatu proses yang dilakukan untuk mengisi ROM

Internal Storage : media penyimpanan yang merupakan partisi dari ROM (/data)

APPS2SD : aplikasi (apk) diinstal ke SDCard
1 kB = 1024 byte
1 MB = 1024 kB

Busybox : is a toolbox of popular linux commands such as cp, mv, and much more that can be installed on a “rooted” Android phone. (Kayak semacam bentuk perintah)

BootLoop : device melakukan boot terus menerus (berulang-ulang) / terjebak di bootanimation, tidak dapat masuk ke OS. akibat kesalahan flashing atau ada file milik system yang tidak berjalan dengan baik. bootloop dapat diatasi dengan wipe d...ata & wipe cache partition atau kalau masih bootloop dapat diflash ulang.
( Dlm samsung Biasany tulisan mentok disamsung )

framework : tampilan-tampilan dasar pada firmware, seperti battery bar, signal bar, notification bar. dapat dicustom dengan mengedit file framework-res.apk dan twframework-res.apk pada folder /system/framework. tentu saja dengan akses superuser.
kesalahan dapat mengakibatkan bootloop. salah satu tutorial memodifikasi framework dapat dilihat di sini. hati-hati, DWYOR!!!

wipe data/factory reset : sama seperti factory reset.

wipe cache partition : menghapus partisi pada SDCard.

reboot system now : restart apply sdcard/update.zip :untuk mengupgrade firmware lewat file pada SDCard.

Partisi: MEmbagi memori external membagi bbrapa bagian.

jit(just in time)
: dalam android jit semacam tweaking agar procie dan I/O device dapat bekerja maksimal

2 komentar:

surya ramadhan at 26 Februari 2012 17.42 mengatakan...

wah mantap infonya... nanti kalo uda punya android, berguna nih....

Triyuda Bayu Wardana at 15 Maret 2012 13.45 mengatakan...

thanks gan :)

Posting Komentar

 
© 2011 PENGETAHUAN BUKAN BATASAN IMAJINASI | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Ardhiansyam | Based on Android Developers Blog